Juni, Tes Juz, dan Ramadhan

setoran hafalan
setoran hafalan

Selamat datang bulan Juni! Bulan Juni ini sepertinya akan menjadi bulan perjuangan murojaah untuk santri Tahfizh Smart 3, IQF. Lantaran pada bulan Juni 2015, Tahfizh Smart 3 akan memasuki bulan ujian tes juz. Hafalan yang telah disetor selama kurang lebih delapan bulan akan coba diujikan dalam waktu satu jam tiap satu juz. Target pencapaian jumlah hafalan Tahfizh Smart Tiga adalah 5 juz. Namun, ternyata setiap santri memiliki pencapaian hafalan yang berbeda-beda. Ada yang sudah mencapai target, melebihi target, atau tidak mencapai target.

Para santri sibuk menyusun strategi mereka dalam menghadapi ujian tes juz. Akan ada waktu-waktu tidur yang terkorbankan, akan ada kegiatan-kegiatan yang kurang penting untuk ditinggalkan, akan ada jam-jam tambahan untuk mengulang hafalan. Ada yang sibuk menjadwal ulang kegiatannya, ada yang mengambil cuti, dan Alhamdulillah kebanyakan dari kami sudah memasuki liburan.

Akan tetapi, ada beberapa dari kami yang justru memasuki bulan tersibuk di tahun ini, yaitu bulan penentu kelulusan selama empat tahun kuliah. Ditambah lagi dengan adanya jadwal kerja praktek, deadline pekerjaan, dan target proyek-proyek yang harus terselesaikan. Mungkin ini cara Allah untuk lebih memaksa kami agar tidak lalai dan senantiasa produktif. Allah sangat tahu kemampuan hamba-Nya dalam menghadapi setiap amanahnya. Ya, selamat datang bulan Juni. Bulan yang juga bertepatan dengan datangnya bulan yang paling ditunggu umat Muslim sedunia, yaitu bulan Ramadhan. Semangaat! Semoga bulan ini keberkahan senantiasa kita dapatkan dari setiap aktivitas kita.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>