Bedah Buku MMPQ

Bedah Buku Mahasiswa-Mahasiswa Penghafal Quran: Perdana di Kampus UI

Rabu, 5 Agustus 2015, tepatnya pukul 13.30 , terpasang banner di dalam Aula Utama Masjid UI (MUI). Beberapa panitia tampak sibuk menyiapkan meja-meja dan mengecek sound system. Tak lama kemudian, terdengar suara pengumuman. Rupanya akan berlangsung sebuah acara bedah buku Mahasiswa-Mahasiswa Penghafal Quran yang ditulis oleh tim penulis Indonesia Quran Foundation.

Beberapa jamaah laki-laki dan perempuan yang umumnya adalah mahasiswa berbondong-bondong memasuki aula utama MUI, setelah sebelumnya mengisi registrasi di meja depan. Dengan dibatasi hijab, akhwat duduk di sebelah selatan dan ikhwan duduk di sebelah utara. Acara tersebut dimoderatori oleh Fitrah Subarkah, alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB UI), seorang entrepreneur, dan salah satu founder Indonesia Quran Foundation, dengan dua pembicara, yaitu Y. S. Gunawan, alumni FMIPA UI, Pengurus Indonesia Quran Foundation, dan Egi Mahira, mahasiswa FH UI, yang merupakan santri Indonesia Quran Foundation Tahfizh Smart 3 dan saat ini juga menjabat sebagai Ketua SALAM UI.

Acara tersebut berlangsung cukup ramai. Dibuka oleh MC, dan langsung diserahkan kepada moderator dan dua pembicara tersebut. Fitrah, sebagai moderator, dengan gaya khasnya yang humoris berhasil membawakan acara tersebut dengan gaya santai namun tetap serius. Dibuka dengan pertanyaan yang diajukan oleh Fitah dan dijawab oleh kedua pembicara tersebut.

Pesan utama yang ingin disampaikan dalam acara bedah buku ini adalah bahwa menghafal Quran adalah salah satu nikmat yang Allah berikan. Sehingga seharusnya dalam proses menghafal ekspresi terbaik adalah ekspresi kesyukuran, bukan ekspresi kesabaran. Karena jika tidak, kita akan beranggapan menghafal Quran adalah ujian dari Allah. Padahal semua itu adalah nikmat yang Allah kasih dan tidak semua orang bisa mendapatkan nikmat tersebut. Siapa pun bisa menghafal Quran asalkan memiliki kemauan yang kuat dan bersedia meluangkan hati. Ya. Meluangkan hati untuk Quran. Ketika meluangkan hati untuk Quran, insya Allah, Allah yang akan memberikan keluangan waktu berupa kesempatan untuk menghafal Quran dan menyelesaikan berrbagai amanah yang kita miliki. Penulis dalam buku “Mahasiswa-Mahasiswa Penghafal Quran” merupakan mahasiswa dengan berbagai amanah dan kesibukan yang tidak sedikit. Ketua lembaga kampus, aktivis organisasi, entrepreneur, aktivis LSM, mahasiswa prestatif dengan berbagai kompetisi perlombaan yang dimenangkannya, pengajar, dan berbagai amanah lainnya. Mereka membuktikan bahwa amanah bukanlah halangan untuk menghafal Quran. Mereka mengalokasikan waktu khusus untuk Quran Time minimal tiga jam sehari, dengan pembagian waktu ba’da Subuh hingga pukul 06.30 dan dilanjutkan ba’da Isya hingga pukul 21.00. Mereka akan tentang proses awal mereka dipertemukan dengan Quran, proses menghafal hingga keberkahan yang mengiringi dalam proses tersebut.

Setelah moderator selesai bertanya kepada pembicara, bergilir peserta yang bertanya. Beberapa akhwat dan ikhwan berebut angkat tangan. Karena keterbatasan waktu hanya diambil dua penanya ikhwan dan dua penanya akhwat. Inti pertanyaan mereka adalah bagaimana mengatasi keistiqomahan dalam proses menghafal Quran, dan bagaimana proses mendirikan Indonesia Quran Foundation. Proses mendirikan Indonesia Quran Foundation dijelaskan secara singkat oleh Y. S. Gunawan. Bagaimana mengatasi keistiqomahan dalam proses menghafal Quran dijawab oleh Egi dan Isa, sebagai santri Indonesia Quran Foundation. Mereka menjawab kunci agar tetap istiqomah dalam mengahfal Quran adalah berjamaah. Karena, jika semangat menurun, kita akan terpacu semangatnya dengan teman-teman yang semangat dan saling menguatkan dalam proses menghafal Quran. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan sharing dari salah peserta dalam proses menemukan Quran dan keberkahan yang mengiringinya. Acara yang merupakan bagian dari rangkaian acara MTQ Mahasiswa Nasional 14 ini pun ditutup dengan doa.

 

Reporter: Asma Nabila

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>