Episode tentang Kebersihan

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri.”QS. al-Baqarah: 222

Kebersihan adalah sebagian dari iman.

Pernah mendengar pepatah arab tersebut? Ya. Allah mencintai keindahan dankebersihan. Bahkan ibadah kita tidak akan sah jika rukun utamanya, bersuci, tidak dilaksanakan. Kebersihan juga menggambarkan akhlak perilaku kita. Bukankah salah satu bukti keimanan kita tergambar dari indahnya akhlak perilaku kita?

 

Di IQF, kami tidak hanya melakukan pembinaan keilmuan,  namun juga pembinaan akhlak. Ini tentang salah satu program kami. Yaitu piket dan kebersihan. Piket dan kebersihan diatur dalam SOP. Kebersihan pribadi menyangkut bagaimana kami memastikan diri kami bersih, berpakaian rapi dan menutup aurat, menjaga barang pribadi kami dalam keadaan rapi dan bersih. Selain itu kami bahkan diatur dalam meletakkan sandal atau sepatu. Sendal dan sepatu yang kami letakkan harus menghadap luar dan terjajar rapi.

 Kebersihan bersama menyangkut bagaimana kami menjaga kebersihan asrama dan segala sesuatu yang kami gunakan bersama. Terutama di berbagai tempat kami melakukan kegiatan. Mushola, Aula, Halaman. Kami melakukan penjagaan kebersihan setiap harinya dengan melakukan piket bersama.

Ya, bakda Quran Time, pukul 06.30, kami diwajibkan melakukan piket kebersihan hingga pukul 07.00. Menyapu halaman, mengepel aula asrama, mushola, menyiram tanaman, adalah sebagian tugas yang kerjakan bergantian tiap harinya .Diiringi nasyid yang menambah semangat, kami terbagi dalam beberapa kelompok untuk membersihkan beberapa area tertentu.

Sesekali di antara kami ada yang harus berangkat pagi dan tidak sempat melakuakan piket. Sebagai konsekuensinya dia harus membayar hutang piket itu di lain kesempatan. Awalnya beberapa tak terbiasa melakukan piket. Piket menjadi salah satu kegiatan yang dianggap pedih, tapi bermanfaat. Namun lama kelamaan kebiasaan itu terbentuk dan bisa dianggap nikmat dan bermanfaat.

Ya, kami berharap habit Quran yang kami bentuk tidak hanya berdampak pada kesalehan ibadah, tidak hanya rajin baca Quran, namun juga membentuk kesalehan akhlak perilaku yang tergambar dalam setiap tindakan yang kami lakukan.

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>