Gaya Kami Menghafal Quran

Dengan duduk diam, fokus pada Quran? Mencari tempat sepi? Atau dengan duduk bersama?

Tidak ada aturan baku dalam cara menghafal Quran. Jika kau orang dengan kecenderungan visual, mudah bagimu untuk menghafal Quran dengan membaca Quran, fokus pada halaman yang akan kau hafal, mengingat setiap detail letak huruf-huruf yang terangkai, menandai awalan ayat dengan stabilo warna warni, dan tak mengganti Quranmu, setia dengan Quran kesayanganmu.

Jika kau orang dengan kecenderungan audio, mendengar murottal adalah cara terbaik bagimu untuk mulai menghafal. Suara-suara selain Quran akan mudah memecah konsentrasimu. Penting bagimu untuk melafalkan Quran dengan suara keras yang bisa kau dengar setidaknya untuk dirimu sendiri.

Jika kau memiliki kecenderungan kinestetik, duduk diam di pojokan sama sekali bukan gayamu. Kau bisa tertidur, bukan malah menghafal. Jalan-jalan, menggerakkan tangan, adalah cara terbaikmu dalam menghafal. Menghafal setiap ayat membuatmu mengimajinasikan berbagai gerakan yang menceritakan ayat tersebut.

Ya, berbagai macam gaya dalam menghafal Quran. Setiap orang punya cara tersendiri dalam menghafal setiap ayatNYA. Jangan merasa sedih jika prosesmu dalam menghafal Quran tak semudah teman-temanmu. Jangan merasa bodoh jika kau menghabiskan waktu lama dalam menghafal setiap ayatNYA. Apalagi jangan juga merasa pintar ketika diberi kemudahan dan waktu yang cepat dalam menghafal ayatnya.

Yang membuat kita hafal Quran, bukan karena kecerdasan, atau usaha yang sangat minim kita sebagai manusia bisa lakukan. Tapi karena Allah Yang Maha Baik mengizinkan kita, memberi kita kesempatan, untuk bisa menghafal ayatNYA.

Selama proses yang dijalani senantiasa mengharap berkahNYA, semoga Allah Yang Maha Pengasih mengizinkan hati kita untuk disentuh dengan ayatNYA, menghafalnya, mempelajarinya, dan berusaha mengamalkannya. (AN)

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>