Pawai Obor Sambut Ramadhan

pawai ramadhan anak

28 Mei 2016, Para pengajar TPA Sahabat Quran yang terdiri dari Para Mahasantri Tahfizh Smart 4 mengadakan acara pawai Ramadhan bersama anak-anak TPA se-kawasan Jalan Kapuk Margonda, Depok. Acara ini diramaikan juga oleh TPA Al-Hidayah, TPA Ust. Rizal, TPA Ust. Dayat, dan Taman Baca Mahameru. Acara dimulai sejak pukul 5 sore hingga usai kurang lebih pada pukul 8.30 malam.

Banyak keseruan yang dirasakan malam itu, bersama kurang lebih 100 anak, mereka memulai acara dengan berdoa lalu latihan menyanyikan yel-yel. Dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah, lalu acara berikutnya adalah menyimak pertunjukan dongeng dari Pak Oni.

Pak Oni bercerita tentang seekor tikus penolong dan seekor singa yang pelit. Anak-anak terlihat antusias mendengarkan cerita dari pak Oni. Terlebih si bapak membawa sebuah buku ajaib yang bisa mengeluarkan api. Lalu anak-anak pun terpukau dengan atraksi dari pendongeng handal tersebut.

Acara mendongeng berakhir beberapa saat sebelum adzan isya dikumandangkan. Anak-anak bergegas mengambil wudhu lalu membentuk barisan salat, begitu pun dengan para kakak santri IQF. Mereka pun melakukan salat berjamaah di sekitar aula dan parkiran.

Setelah imam mengucapkan salam, beberapa anak mulai ribut ingin bersiap melakukan acara selanjutnya, yaitu pawai obor untuk menyambut Ramadhan. Malam itu, anak-anak dibagi menjadi 7 kelompok TPA ikhwan dan akhwat, 3 kelompok ikhwan dan 4 kelompok akhwat, kelompok itu juga dibagi berdasarkan pada TPA mana mereka belajar.

Masing2 kelompok dibekali 5 obor dan 5 botol aqua yang sudah diisi Pasir, gunanya untuk meramaikan ketika menyanyikan yel-yel saat pawai berlangsung di sekitar jalan kapuk. Perjalanan dimulai dari asrama IQF dan kembali lagi di Asrama IQF.

Setelah itu, para peserta dan panitia pawai obor Ramadhan berkumpul kembali di lapangan parkir IQF untuk Menutup acara malam itu. Acara penutupan terdiri dari tanya jawab seputar Ramadhan, membaca doa bersama ustadz Hasan, dan pembagian snack dari kakak santri IQF.

Malam terasa heboh sebab kepolosan para anak-anak TPA malam itu, kepolosan mereka mewarnai malam menyambut Ramadhan, ada anak yang pendiam tapi manja, ada yang heboh sendiri, ada anak yang membawa gendang semakin meramaikan suasana. Ada yang tidak berhenti bernyanyi. Ada yang salah menyanyikan lagu, bukan lagu Ramadhan malah nyanyi guruku tersayang.

Gelak tawa para orang tua dan kakak yang menyaksikan kepolosan adik-adik juga melengkapi malam H-8 Ramadhan malam itu.

Alhamdulillah ala kulli hal, semua berjalan lancar dan semoga penyambutan Ramadhan yang meriah malam itu, berbanding lurus dengan bersungguh-sunggulahnya para pesrta, panitia, pengajar TPA, orang tua, dan seluruh warga kapuk dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan nanti.

Semoga kita memenangkan Ramadhan tahun ini. Aamiin.. :)

tpa sahabatqu sahabat quran pawai ramadhan pawai ramadhan anakdongeng pawai ramadhan pawai, dongeng, ramadhan anakpawai ramadhan   pawai anak sholeh ramadhan

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>