Tarhib Ramadhan

Apa bedanya menyelam dengan tenggelam?

Menyelam itu disengaja (ada persiapan), tenggelam itu tidak disengaja. Begitu juga dengan Ramadhan. Apakah kita termasuk orang yang menyelam atau tenggelam, saat beribadah di Bulan Ramadhan?

3 makna Tarhib Ramadhan :
1. Tarhib (rohaba, yurohabba, tarhiban, marhaban ahlan wasahlan) adalah kita menyambut datangnya ramadhan dengan segala persiapan. Jadi ketika datang¬†Ramadhan tinggal “action”
2. Tarhiyb (berita buruk) yang akan datang saat ramadhan, jika kualitas ibadah kita lebih buruk dari selain Ramadhan
Orang yang rugi adalah orang yang setelah Ramadhan pahalanya tidak habis atau bahkan tidak terkurangi
3. Targhiyb (berita gembira) bagi orang-orang yang menjalankan Ramadhan dengan ibadah yang sangat baik

Istilah “Ramadhan” sudah ada sebelum Islam, biasanya musimnya sangat panas. Sebelumnya keadaan fisik sangat panas membakar mulut dan tenggorokan dan setelah islam datang dianjurkan “puasa” dan keadaan jadi lebih panas lagi secara fisik. Tapi ada makna filosofis, yaitu pembakaran dosa.

Hadist :
“Man shooma romadhoina iimaana wah tisaaban gufirolahu maa taqoddama min dzambih :
Barang siapa berpuasa di Bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang”

“Wah tisaaban” : menghitung-hitung (dengan objektif antara pahala dan dosa yang dikerjakan dalam rangka memotivasi diri) — mengharap kepada Allah (puncak ikhlas)

Puasa diberlakukan di tahun ke-2 hijriah / 15 tahun masa kenabian (para sahabat memasuki masa baligh keimanannya). Dikarenakan di awal belajar tentang “tauhid” dan tidak¬†langsung ada perintah puasa.

Kita adalah produk Allah dan akan menjadi sangat bagus jika pakai paket Allah (tunduk, patuh) — kita yakin apapun yang Allah perintahkan kepada kita adalah yang terbaik, termasuk paket bulan ramadhan : puasa
InsyaAllah kita akan mendapat manfaat sebanyak-banyaknya. Aamiin..

 

Baca Juga:

Mega Proyek Ramadhan – Kiat sukses meraih pahala berlimpah dari Ramadhan

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>