Whoever comes to Me walking, I go to him at speed

right-1

 

“Udah gak usah terlalu dipikirin pi, nanti juga ada kok jalannya.. insya Allah, Allah mudahkan..”

Sebuah nasihat singkat, yang meredakan kegalauanku karena baru saja mendapat konfirmasi kalau aku gak lolos jadi santri program Tahfidz Smart 4 Indonesia Quran Foundation. Sempat bingung, umur udah masuk 20an tapi masih banyak hal-hal yang aku tidak tahu tentang agamaku sendiri, terlebih tentang Al-Qur’an. Memang sejak kecil aku belajar agama ya hanya kalau pelajaran agama saja,  belajar ngaji ya pas TPA saja, sekolah dari SD sampai kuliah gak ada yang basis agamanya kuat. Kadang, kalau bingung masalah agama ya paling googling, itupun selalu ada keraguan, apakah itu benar dan dapat dipertanggung jawabkan? Ya Allah… kemana saja aku selama 20 tahun ini?…

Sampai setelah lebaran tahun 2015 kemarin, rasa keingtahuan lebih untuk mendalami Agama dan Al Quran begitu memuncak bagai rasa haus tak tertahankan. Alhamdulillah ketika sedang iseng-iseng buka Instagram tiba-tiba dapat info tentang IQF, kebetulan lokasinya dekat dengan kampus dan hari itu adalah H-2 penutupan pendaftaran, jadi aku langsung menghubungi orang tua dan setelah mengantongi restu orangtua aku langsung mendaftar dan mengikuti seleksi wawancara tanpa bekal apapun. Awalnya sempat gak pede karena gak punya bekal apa-apa, tapi rasa haus ini lebih besar dari rasa minderku, Bismillah… aku pasrah. Semoga Allah mudahkan jalan menujuNya..

Benar saja, seminggu kemudian aku mendapat kabar dari IQF bahwa aku mendapat kesempatan untuk menjadi santri karena ada quota tambahan. Masya Allah… akhirnya Allah menjawab doa-doaku dengan jawaban yang indah :’). Ketika itu aku masih liburan di Jogja dirumah nenek dan sore itu aku langsung cari tiket pulang ke Jakarta karena program TS4 sudah dimulai sejak sehari kemarin.

Aku masih tak percaya sekarang aku sudah tinggal di asrama santri akhwat IQF, agak berat memang di awal-awal untuk beradaptasi dengan lingkungan dan jadwal yang padat. Namanya juga jalan juang, pastilah tidak ada yang mudah. Meskipun aku masih sangat awam dan kadang merasa tak sebanding dengan mereka, teman-teman yang sholihah disini, tapi disinilah aku belajar banyak hal.. belajar tentang berbagi, belajar tentang peduli, belajar mengatur jadwal yang mulai berubah secara ekstrim, belajar kedisiplinan, dan banyak hal yang gak bisa aku ungkapin disini. Intinya mereka semua adalah guru-guru terbaik yang pernah ku kenal. Para musyrifah yang selalu sabar dan telaten menghadapi setoranku yang terbata-bata yang bahkan panjang pendek saja masih berantakan, teman-teman yang  selalu saling menguatkan dan menyemangati, kalian semua luar biasa. Belum pernah aku merasakan lingkungan seindah ini. Ya, intinya pressure is good for you” tapi pressure yang memaksa diri ini untuk selalu membangun habit yang lebih baik, ya.

Tak terasa tinggal sebulan lagi program TS4 akan berakhir, entah masih berapa banyak targetan-targetan awal yang masih belum tercapai hingga sekarang, jujur saja setahun ini terasa sangat cepat. Masih banyak yang ingin aku dalami di tempat ini, dimana selalu ada nasehat dan motivasi pagi sebelum QT (Quran Time) yang selalu bikin hati meleleh, selalu ada wajah-wajah yang berjuang menahan kantuk saat jam-jam QT, selalu ada yang udah rapi banget pas dateng QT karena harus kuliah pagi, aku akan merindukan sarapan pagi dari umi setiap Jum’at. Aku akan merindukan suara-suara yang indah itu, lantunan ayat-ayat  ketika tasmi’ yang begitu khusu’, begitu khidmat sampai ada yang tertidur karena kelelahan pulang kuliah.

Bagaimana mungkin tempat seindah ini akan aku tinggalkan sebentar lagi? Kalaupun kesempatan ini cuma sekali, siapapun santri  (terutama diriku sendiri) yang selesai dari program TS4 ini, sebagai apapun kita nanti semoga bisa selalu istiqomah Quran Time, Qiyamul Lail, dan bisa menerapkan semua habit yang telah besusah payah kita bentuk setahun ini.

Setiap detik harus bernilai, agar kita semakin dekat dengan Allah ta’ala

 

Penulis:

Lufi Indri Hapsari

Mahasantri Putri Program Tahfizh Smart 4 (2015/2016)

Mahasiswi Akuntasi Univ. Gunadarma 2013

 

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>