Dibuka Pendaftaran Tahfizh Smart 6 Asrama Rawamangun!

PENJELASAN PROGRAM TAHFIZH SMART 6

 

Apa sih Tahfizh Smart itu? Untuk siapa program ini dibuka?

Tahfizh Smart adalah program pembinaan Quran intensif selama satu tahun yang dirancang oleh Indonesia Quran Foundation (IQF) dan insya Allah cocok untuk kamu para mahasiswa yang ingin serius memperbaiki diri, menghafalkan, dan mempelajari Quran lebih dalam di tengah aktivitas perkuliahan, organisasi, wirausaha, dan aktivitas harian lainnya.

Program Tahfizh Smart sudah berjalan sejak tahun 2012 di Asrama IQF Depok. Program Tahfizh Smart hingga saat ini (atas izin Allah) telah berhasil meluluskan mahasantri sebanyak 116 orang, terdiri dari 61 mahasantri putra dan 55 mahasantri putri.

Pada tahun 2017 ini, program Tahfizh Smart telah dibuka untuk kamu mahasiswa (saat ini hanya untuk putra), yang berkegiatan harian di sekitar Rawamangun (Kampus UNJ). Untuk putri insyaAllah menyusul.

 

Untuk apa IQF menggelar program Tahfizh Smart ini?

Kami percaya, Indonesia ke depannya membutuhkan generasi yang bukan hanya kompeten di bidang yang digelutinya. Tetapi juga memiliki kekokohan moral, berintegritas, serta memiliki komitmen untuk selalu berusaha menjaga kedekatan dirinya dengan Allah Yang Mahakuasa. Kami optimis, kita bisa melahirkan atau menjadi bagian dari generasi itu. Dan itu semua bisa dimulai dari pembinaan ini; berusaha semaksimal mungkin agar Quran benar-benar merasuk ke dalam hati, menjadi benteng moral, dan karakter diri.

 

Memangnya, apa saja muatan program pembinaannya?

Muatan utama program ini adalah internalisasi Quran ke dalam diri para pesertanya. Mulai dari mempelajari dan menerapkan adab-adab Islam dalam keseharian, perbaikan bacaan Quran (Tahsin tilawah), menghafal itu sendiri (tahfizh), mendalami kandungan dari Quran (Tafsir), serta pembelajaran bahasa Arab dasar* untuk menunjang proses menghafal dan pengkajian Tafsir. Adapun muatan pembinaan penunjangnya mulai dari kajian Fiqih dasar, Kajian keislaman tematik, pelatihan Softskill dan kedisiplinan. Semuanya dikemas sedemikian rupa sehingga akan menjadikan hari-harimu lebih banyak diisi dengan kegiatan-kegiatan produktif, yang dengannya ruang untuk melakukan kelalaian/ketidakproduktifan akan semakin sempit, insya Allah.

 

Di mana programnya diselenggarakan?

Program Tahfizh Smart adalah program berasrama (secara umum kegiatannya dilakukan di Asrama). Adapun asrama IQF Rawamangun terletak di: Jl Tener IIV Rt 08/02 no 21. Kelurahan Kayu Putih. Kecamatan Pulo Gadung.

 

Berapa lama programnya dan apa output yang diharapkan?

Programnya dilaksanakan selama setahun. Insya Allah mulai Agustus 2017 sampai Juni/Juli 2018. Berdasarkan muatan-muatan program tadi, yang diharapkan dari program ini adalah terbentuknya lulusan program yang memiliki karakter Qurani dengan empat parameter berikut ini:

  1. Memiliki akhlak dan adab Islami
  2. Memiliki hafalan 5 Juz Quran dengan bacaan yang baik, benar, dan lancar. Poin pentingnya adalah tetap setia membersamai Quran dalam menghafal, menjaganya, serta terus mempelajari dan mengamalkannya sampai akhir hayat.
  3. Memahami kandungan Quran (tafsir) 1 Juz (Juz 30)
  4. Memahami bahasa Arab dasar*

Bagaimana caranya muatan-muatan pembinaan itu bisa terselenggara dan diikuti pesertanya di tengah adanya tugas kuliah, berorganisasi, berwirausaha dan aktivias lainnya yang beragam? Memangnya bisa?

Ya, insyaa Allah bisa, dan sudah dibuktikan oleh sekitar 100 orang (5 angkatan) yang sudah tergabung dalam program ini sebelumnya. Dengan ‘mantra': “luangkan hatimu (untuk Quran), maka Allah akan meluangkan waktumu”, selama kurang lebih satu tahun mereka bisa, dibiasakan, dan pada akhirnya terbiasa meluangkan 3–4 Jam dalam seharinya untuk ber-Quran –biidznillah.

 

Bagaimana penjelasan lebih detail agenda hariannya?

Pertama, bangun sebelum shubuh untuk Qiyamullail, setelah itu shalat shubuh berjamaah, dzikir pagi, dan ber-Quran Time sampai pukul 6.30 WIB. Kemudian agenda pagi ditutup dengan piket harian sampai 6.45 WIB atau kadang sampai 7.00 WIB. Setelah itu setiap santri bisa beraktivitas masing-masing sampai petang. Aganda malam dimulai dengan shalat Isya berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan ber-Quran Time sampai pukul 21.00 WIB. Lalu ditutup dengan kajian malam (Fiqih, hadits, bahasa Arab, dll) sampai 21.30 WIB. Itu agenda hariannya.

 

Bagaimana dengan pengerjaan tugas kuliah dan lain-lainnya?

Biasanya para santri mengerjakan tugasnya setelah ber-Quran Time malam (setelah jam 21.30 WIB). Ada pula yang istirahat lebih awal/langsung selepas Quran Time, kemudian bangun lebih awal untuk ber-qiyamullail dan dilanjutkan dengan mengerjakan tugas-tugasnya hingga waktu shubuh. Tidak sedikit pula yang menyiasatinya dengan mengerjakannya di sela-sela jeda perkuliahan, aktivitas organisasi, atau kadang di akhir pekannya. Karena mulai sabtu siang sampai ahad malam tidak ada pembinaan (Quran Time dilaksanakan masing-masing).

 

Oke! Kalau begitu, Apakah ada syarat untuk mengikuti program ini?

Kalau ada, apa sajakah syaratnya?

Ya, ada. Syarat-syaratnya sebagai berikut:

  1. Mahasiswa (putra) yang berusia 17—24 tahun.
  2. Muslim, dan berkeinginan kuat untuk memperbaiki diri agar bisa lebih dekat dengan Allah Ta’ala.
  3. Bersedia hidup secara berjamaah, dengan berdisiplin menjalankan kewajiban serta menaati peraturan dan tata tertibnya, dalam lingkungan yang boleh jadi tidak se-‘nyaman’ tinggal di rumah sendiri.
  4. Bersedia menjadikan aktivitas ber-Quran sebagai prioritas utama, sebagaimana aktivitas akademik (kuliah) yang merupakan amanah (awal) dari orang tua.
  5. Mendapat restu/dukungan orang tua.
  6. Mengikuti seluruh rangkaian seleksi penerimaan santri. 

 

Oooh, ada seleksinya toh! Kapan seleksinya? Terus, muatan seleksinya apa saja ya?

Ya, mengingat quota yang terbatas, kami melakukan penyeleksian yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juli 2017. Berikut ini beberapa informasi awal mengenai seleksinya:

  1. Seleksi berupa wawancara, tes bacaan Quran, dan tes kemampuan menghafal Quran.
  2. Penyeleksi adalah dewan pengajar serta pengurus Indonesia Quran Foundation.
  3. Calon santri yang sudah memiliki ‘tabungan’ hafalan belum tentu lulus seleksi, calon santri yang baru memulai belajar membaca Quran belum tentu tidak lulus seleksi. Karena penyeleksian tidak hanya mempertimbangkan aspek kemampuan ber-Quran calon mahasantri, akan tetapi mempertimbangkan hasil wawancara, dan aspek lainnya secara komprehensif.
  4. Waktu, tempat, serta teknis seleksi akan kami informasikan setelah peserta mendaftar.

 

Oh ya, bagaimana mengenai biaya programnya? Kemudian fasilitas apa saja yang didapatkan dengan biaya tersebut?

Peserta program akan dikenakan biaya pembinaan setiap bulan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Biaya asrama dan listrik sebesar Rp250.000.
  2. Biaya program Tahfizh Smart sebesar Rp300.000.
  3. Beasiswa dari Donatur IQF sebesar Rp250.000.

Sehingga total biaya pembinaan adalah sebesar Rp300.000/bulan.

 

Fasilitas yang akan didapatkan sebagai berikut:

  1. Mendapatkan pembinaan Quran dan pembinaan lain yang telah disebutkan di atas setiap hari programnya.
  2. Mendapatkan tempat tinggal beserta fasilitas berupa:
    – Kamar tidur (AC)
    – Kamar mandi
    – Buku panduan pembinaan Quran Tahfizh Smart
  3. Memberikan masukan terkait penyelenggaraan program dan fasilitas Tahfizh Smart kepada pengurus IQF.
  4. Mendapatkan pengontrolan atas perkembangan pencapaian target program.
  5. Diberhentikan jika tidak menunjukkan keseriusan mengikuti program setelah mendapatkan dua kali peringatan tertulis.

 

Terus, kalau misalnya sudah ikut seleksi dan lolos, apa saja kewajiban bagi santri yang diterima?

Secara umum kewajiban santri di antaranya:

  1. Memurnikan niat mengikuti Tahfizh Smart sebagai sarana perbaikan diri dalam rangka mendekatkan diri dan mencari ridha Allah Ta’ala.
  2. Daftar ulang dan pelengkapan administrasi (termasuk di dalamnya menandatangani surat komitmen bermaterai Rp6000, membayar dana awal program Rp300.000)
  3. Menetap di asrama selama hari-hari pembinaan (senin pagi—sabtu siang).
  4. Mengikuti seluruh program pembinaan dan bersungguh-sungguh dalam memenuhi target capaian harian, bulanan, juga capaian dalam satu tahun.
  5. Berdisiplin dalam menjalankan peraturan dan tata tertib dengan penuh tanggung jawab.
  6. Menjadikan asrama sebagai ‘rumah kedua’ dengan menghadirkan atmosfer kekeluargaan dalam bingkai iman, menciptakan lingkungan yang nyaman dengan menjaga ketertiban, kebersihan, kerapian, dan keamanan.
  7. Berperan aktif dalam da’wah Quran Indonesia Quran Foundation sesuai dengan minat dan keahlian masing-masing (pengabdian).
  8. Menunaikan infaq program sebesar Rp300.000/bulan pada waktu yang ditentukan.

 

PENDAFTARAN

Timeline Pendaftaran

Pendaftaran     : 17 – 28 Juli 2017
Seleksi                : 29 – 30 Juli 2017
Pengumuman   : 5 Agustus 2017

 

Cara Pendaftaran

  1. Sebelum mengisi formulir pendaftaran, pastikan kamu sudah membaca Penjelasan Program Tahfizh Smart 5 di atas
  2. Sudah mendapatkan izin dari kedua orang tua/wali.
  1. Melakukan pengisian formulir pendaftaran, Silakan klik di sini atau klik button berikut ini:

Daftar tahfizh smart 5

 

Nara Hubung

Azam (0857-7104-1825)

Facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>