Pertanyaan Seputar TAUD

2019-01-23 16:41:48


Q : Apa itu TAUD SaQu IQF?

A : Lembaga tahfizh untuk anak usia 3-6 tahun yang berkonsentrasi pada hafalan dan ilmu-ilmu keislaman dasar.

 

Q : Apa perbedaan TAUD dengan PAUD / TK umum?

A: Kami menekankan nilai-nilai keislaman dalam proses belajarmengajar. TAUD berupaya menanamkan rasa cinta anak kepada QURAN dan menumbuhkan rasa bangga atas keislaman anak.

 

Q: Apa visi TAUD SaQu IQF?

A : Menjadi lembaga pendidikan tahfizh anak usia dini yang mampu mencetak generasi penghafal QURAN dan berakhlaq qurani. (beriman, mandiri, sehat, cerdas dan krea

 

Q: TAUD SaQu IQF menginduk kemana?

A : TAUD SaQu IQF menginduk ke YASAQU (Yayasan Sahabat Quran) yang berada di Megamendung, Puncak, Bogor. TAUD SaQU IQF merupakan cabang pertama di Depok yang dimulai sejak April2017. Disusul dengan dua TAUD cabang lainnya di Depok.

 

Q: TAUD SaQu IQF berdiri di dalam Yayasan IQF, Bagaimana sejarah singkat dari Yayasan IQF?

A: Yayasan IQF (Indonesia Quran Foundation) berdiri sejak 2012. Memiliki program perdana Tahfizh Smart yang diperuntukkan untuk mahasiswa penghafal QURAN yang berasrama dan berkuliah di sekitar Depok. Selanjutnya IQF membuka program TPA Sahabat Quran yang diperuntukkan anak-anak yang _nggal di sekitar IQF. Setelah itu, kembali dibuka program Quran Course yang memberikan fasilitas belajar mengaji untuk orang-orang yang tidak bermukim di Asrama IQF. Pada April 2017 TAUD SaQu IQF resmi memulai programnya.

 

Q: Bagaimana kondisi lingkungan TAUD SaQu IQF?

A: Meskipun terletak di pusat kota Depok, TAUD SaQu IQF memiliki lingkungan yang masih alami dan asri. Jauh dari kebisingan kota dan masih mejaga kesejukan udaranya.

 

Q : Kapan waktu belajar dan berapa lama masa belajar di TAUD SaQu IQF?

A : Waktu belajar di TAUD SaQu IQF adalah Senin sd. Jumat dimulai dari pukul 08.00 WIB dan diakhiri pukul 12.30 WIB. Masa belajar di TAUD SaQu IQF adalah 3 tahun, minimal sampai dengan usia anak siap masuk jenjang sekolah dasar.

 

Q: Berapa perbandingan jumlah santri dan pengajar di dalam satu kelasnya?

A : Jumlah murid dikelompok usia 3-4 tahun maksimal 10 santri dengan 2 pengajar. Untuk usia 5-6tahun maksimal 15 santri dengan 2 pengajar.

 

Q: Berapa rencana jumlah hafalan santri pada tahun pertama?

A : Harapannya santri menyelesaikan setoran juz 30 ditahun pertama.

 

Q: Pelajaran apa saja yang akan disampaikan kepada santri TAUD SaQu IQF selain tahfizh?

A : Tahajji ayat-ayat quran, matan tuhfatul athfal, doa-doa dalam QURAN, dzikir pagi, aqidah, hadits, adab-adab, siroh dan bahasa arab.

 

Q: Bagaimana penyampaian sebanyak itu?

A : Materi akan dibagi dalam beberapa hari bahkan beberapa pekan. Materi disampaikan secara bertahap dan sesuai dengan angkatannya. Terlepas dari banyaknya materi, 80% tenaga pengajar TAUD SaQu IQF sudah terlatih dan selalu berusaha meningkatkan kualitas mengajar.

 

Q: Apa syarat utama memasukkan anak ke TAUD SaQu IQF?

A: Orang tua siap bekerjasama dalam usaha memantapkan hafalan yang dimiliki anak.

 

Q: Selama KBM berlangsung, apakah santri boleh didampingi oleh orang tua?

A : Tidak, kami sangat berharap orang tua dapat memberikan rasa percaya kepada para pengajar untuk mempertanggungjawabkan peran pengajarnya selama KBM berlangsung.

 

Q: Bagaimana peran orang tua selama masa sekolah?

A: TAUD SaQu IQF mengembalikan. konsep dalam pendidikan islam, “Al-ummu madrasatul ula, ...” Ibu adalah sekolah pertama, ... TAUD SaQu IQF tak lain hanyalah memberikan fasilitas tambahan untuk para ibu yang mendidik anaknya di rumah.

 

Q: Apakah santri mendapatkan ijazah diakhir masa pembelajarannya?

A : Ya, santri akan mendapatkan ijazah kelulusan yang dikeluarkan langsung oleh YASAQU.

 

Q: Santri yang lulus dari TAUD SaQu IQF akan lanjut ke sekolah yang seperti apa?

A : Kami sangat berharap sekolah yang dipilih orang tua setelah adalah sekolah yang memiliki pola pendidikan yang tidak jauh berbeda dari TAUD SaQu IQF. Saat ini Yayasan IQF sudah menyelesaikan tingkat sekolah lanjutan dari TAUD SaQu IQF, Kuttab Sahabat Quran.

Q: Berapa biaya pendidikan di TAUD SaQu IQF?

A : Kami berusaha menentukan standar dari rata-rata biaya pendidikan anak usia dini yang ada di Depok.

 

Q: Apakah ada santri dari keluarga yang kurang mampu?

A : Ada, kami tidak membatasi standar ekonomi dari keluarga santri.

 


 

Info Terkait


1
2019-01-23 16:41:48
2
2019-01-23 16:42:15