HUSNUL KHATIMAH SETIAP HARI

Pernah gak dalam hari-hari yang kita lewati, rasanya kok berlalu begitu aja? Nggak asik. Bosen. Sekedar haha-hihi basa basi.

Nggak ada feel yang didapat dari pertama kali membuka mata sampai kita tak kuasa membukanya kembali.

Ketika mata kebuka, nggak ada adrenalin yg meningkat karena telah diizinkan bangun.

Atau pernah gak, dalam hari yang kita jalani kayak terasa mudaaah banget segala urusan. Tetiba ada hal2 baik yang menjumpai kita, atau hubungan pertemanan dan keluarga yang semakin menghangat rasanya.

Dan dari awal bangun tuh udah bersyukur banget, ya Allah makasih ya. Huhuu bisa bangun jam segini, makasih banyak ya Allah)

Nah menurut mimin, hari2 yang akan kita jumpai kelak tuh berkaitan erat sama cara kita mengakhiri hari ini (gimana tuh min, maksudnya?)

Ketika kita bersiap tidur, memilih selesai dalam menjalani satu hari, dan kita berupaya untuk menutupnya dengan cara yang Husnul Khatimah, ditutup dengan amal-amal yang baik, itutuh ngefek banget buat keberkahan dan kebaikan di hari esoknya!

Contohnya gimana tuh, min?

Semisal sebelum tidur kita sempetin wudhu dulu, shalat witir 1 rakaat deh gapapa kalo mata udah sepet banget, no music sebelum sleep, dan kalo bisa tuh nggak langsung tidur habis mantengin layar HP/laptop/TV, tapi sempetin dulu ngeliat halaman mushaf kita. Harapannya sesuatu yang mata lihat untuk terakhir kalinya dihari itu adalah Quran. (Ini butuh perjuangan banget 😭)

Dibaca satu baris gapapa, satu halaman Alhamdulilah, satu Juz malah mantap (adminnya kalah wkwk) kalo bisa mengkhatamkan ini mah selevel para orang orang salih ya 😳

Harapannya adalah, ketika kita membiasakan menutup hari kita dengan amal-amal salih, kelak Allah pun akan menutup usia kita dengan amalan salih pula)

Karena sebuah atsar berbunyi, ada seorang yang mengerjakan amalan ahli neraka lalu kemudian dia mengerjakan amalan ahli surga di ujungnya, maka surga baginya. Atau ada orang yang mengerjakan amalan ahli surga, kemudian dia mengerjakan amalan ahli neraka di ujungnya, maka neraka baginya.

Ngeri-ngeri ngarep sih ya baca atsar itu 😣

Nah, berhubung kita gapernah luput dari melakukan dosa sepanjang hari, harapannya adalah usaha kita untuk menutup hari kita sebelum tidur dengan amalan-amalan salih, bisa membawa kita menuju derajat Husnul Khatimah kelak ketika wafat.

Nah, cek-cek udah jam 10 malem lewat, periksa lagi kondisi wudhunya ya, buat yang lagi shalat sempetin yuk sujud minimal 2 kali. Berterimakasih pada Allah atas hari-hari yang telah diberi😄

Dan yang paling pentiiiing, baca doa plus niatin mau bangun tahajud. Niatin yang kukuh aja dulu, nanti perkara bangun insya Allah setarikan nafas dengan kekuatan niat kita.

Semangat! Semoga masih ada hari esok yang bisa kita jalani, dan ada amalan-amalan shalih yang bisa kita lakoni.

Bertumbuh bersama Al-Quran. Bumikan Peradaban Islam!